Kebutuhan Manusia

Kebutuhan Manusia Dan Sumber Daya
  • Pengertian Kebutuhan Manusia 
Kebutuhan manusia adalah setiap keinginan manusia atas barng atau jasa yang dapat memberikan kepusan jasmani atau rohanidemi kelangsungan hidupnya.

  • Jenis Kebutuhan Manusia
1. Kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya atau intensitasnya :
    a. kebutuhan primer 
        kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi agar manusia dapat melangsungkan hidupnya. kebutuhan primer tidak dapat ditangguhkan pemeuhannya, jika ditangguhkan kelangsungan hidup manusia bisa terganggu atau terancam. Benda yang termasuk kebutuhan primer diantaranya makanan dan inuman (pangan),pakaian(sandang),dan rmah(papan).
     b. Kebutuhan sekunder
        kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan kebutuhn primer terpuaskan. kebutuhan sekunder tidak mutlak untuk dipenuhi.Namun jika terpenuhi kehidupan tidak terasa lebih baik, lebih bahagia, lebih beradab. Benda yang termasuk kebutuhan sekunder diantaranya buku, oran, televisi, dan alat olahraga.
    c. Kebutuhan tersier
        kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang hanya bisa terpuaskan dengan menggunakan / memanfaatkan barang mewah. kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik. Benda yang termasuk kebutuhan tersier diantaranya, mobil, mutiara, vila, dan wisata keluar negeri.

2. Kebutuhan manusia menurut waktu pemenuhannya
    a. Kebutuhan sekarang 
        kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang bersifat mendesak dan pemenuhannya tidak dapat ditunda tunda, bila ditunda akan menimbulkan kerugian, kecelakaan, bahkan bencana yang tidak dapat dihindari. contoh barang/jasa yang termasuk kebutuhan sekarang yaitu air minum bagi orang yang kehausan, obat bagi orang yang sakit, dan pemadam kebakaran saat terjadi kebakaran.
     b. Kebutuhan masa datang 
         kebutuhan masa datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya bisa ditunda sampai waktu yang telah ditentukan. kebutuhan ini bisa ditunda karena bukan kebutuhan mendesak dan perlu perencanaan utuk memenuhinya. contoh barang/jasa yang termasuk kebutuhan masa datang yaitu renovasi rumah dan mobil

3. Kebutuhan manusia menurut sifatnya 
    a. kebutuhan jasmani(materi)
        kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan untuk memelihara,melindungi dan membangun jasmani manusia . kebutuhan jasmani bisa dipenuhi dengan memanfaatkan benda terwujud.contohnya makanan dan pakaian.
     b. kebutuhan rohani(imateril)
         kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan untuk menjaga rohani atau mental manusia agar berfungsi dengan baik. kebutuhan jasmani bisa dipenuhi dengan memanfaatkan benda yang tidak terwujud/jasa gu dan jasa psikiater.

4. Kebutuhan manusia menurut subjeknya
    a. kebutuhan individu
        kebutuhan individu adalah kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan seseorang sebagai individu atau pribadi. contoh barang yang termasuk kebutuhan individu yaitu:
- kanvas, kuas dan cat merupakan kebutuhan pelukis
- buku pengantar ekonomi dan bisnis merupakan salah satu kebutuhan siswa smk
     b. kebutuhan kolektif
         kebutuhan kolektif adalh kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang atau segolongan masyarakat. contoh : tempat ibadah dan tman bermain.
  • Faktor - faktor penyebab kebutuhan manusia 
a. sifat manusia yang tidak pernah puas
b. pertumbuhan jumlah penduduk
c. perubahan taraf hidup yang semakin baik
d. semakin meningkatnya tingkat pendidikan 
e. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
f. kebudayaan yang semakin maju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Regulasi Sarana Dan Prasarana Kantor

Alat dan Bahan Kearsipan

Administrasi Kepegawaian