EkonomiBisnis Pembagian Ilmu Ekonomi

Pembagian Ilmu Ekonomi 

1. Ilmu ekonomi teori
    Ilmu ekonomi teori menjelaskan hubungna antara peristiwa peristia ekonomi dan ditemukan dalam hukum hukum ekonomi. Ilmu ekonomi teori dikelompokkan dalam dua jenis teori yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.
a. Ilmu ekonomi mikro 
    adalah ilmu yang memerlajari dan menganalisis bagian bagian tertentu dari keseluruhan kegiatan perekonomian.
b. Ilmu ekonomi makro
    adalah ilmu yang menganalisis kegiatan perekonomian secara keseluruhan.

2. Ilmu ekonomi deskriptif
    adalah study ekonomi yang menerangkan dan menguraikan fenomena fenomena ekonomi yang ada hubungannya dengan persoalan dan ekonomi atau topik tertentu sehingga memberikan gambaran gambaran baik dalam bentuk angka angka, gambar atau lambang tertentu.

3.Ilmu ekonomi terapan 
   adalah ilmu yang menggunakan hasil hasil perekonomian yang terkumpul dalam ilmu ekonomi teori untuk meerangkan fakta fakta yang dikumpulkan oleh ilmu deskripsi.


Tindakan , Motif dan Prinsip Ekonomi
1.Tindakan Ekonomi
    Tindakan ekonomi adalah tindakan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan.
tindakan ekonomi dibedakan atas tindakan rasional dan irasional.
a. Tindakan Rasional 
    adalah setiap tindakan yang dilandasi oleh pilihan yang baik dan saling menguntungkan.
b. Tindakan Irasional
    adalah setiap tindakan yang tidak dilandasi oleh pilihan yang baik dan paling menguntungkan 
2. Motif Ekonomi
    Adalah  segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonmi.motif melakukan tindakan ekonomi bisa datang dari diri manusia sendiri bisa pula lingkungannya.Motif yang datang dari manusia sendiri disebut motif instrinsik, sedangkan motif yang datang dari lingkungan disebut motif ekstrinsik. 
3.Prinsip Ekonomi
   Adalah pedoman melakukan tindakan ekonomi dimana didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal atau dengan pengorbanan sekecil kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu.
  


Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi Pada Berbagai Kegiatan Usaha

Kegiatan usaha yang mempraktikan ruang lingkup ekonomi
1. Bisnis
    adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan, kegiatannya erat dengna pembelian, pengangkutan, pergudangan dan asuransi.tujuannya untuk mencari untung sehingga memperjelas bahwa bisnis termasuk ruang lingkup ekonomi 
2. Perusahaan 
    adalah kegiatan yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan kegiatannya meliputi pemanfaatan faktor produksi menghasilkan barang dan jasa dan berdagang. semua kegiatan tersebut dijalankan berdasarkan prinsip prinsip ekonomi seperti efisien dan efektif.
3. Pembangunan ekonomi 
    adalah pembangunan dibidang ekonomi kegiatannya dijalankan berdasarkan prinsip berdaya guna dan berhasil guna. tujuannya adalah untuk mewujudkan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi demi tercapainnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Regulasi Sarana Dan Prasarana Kantor

Alat dan Bahan Kearsipan

Administrasi Kepegawaian