Ekonomi Bisnis Pengertian Permintaan dan Penawaran

A. Permintaan
1.Pengertian Permintan
   Adalah keinginan yang diiringi kesediaan dan kemampuan untuk membeli sejumlah barang atau jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.Bila dikaitkan dengan kemampuan konsumen tidak semua permintaan diseertai dengan daya beli. Permintaan yang disertai dengan daya beli dan telah dilaksanakan di sebut permintaan efektif, sedangkan  permntaan yang di sertai dayaa beli tapi belum dilaksanakan di sebut permintaan potensial. Adapun permintaan yang tidak di sertai dengan daya beli di sebut dengan permintaan absolut.
2. Faktor Faktor yang mempengaruhi Permintaan
  a. Harga Barang atau Jasa itu sendiri
     harga menjadi faktor paling memengaruhi apakah suatu barang atau jasa akan terjual atau tidak bila harga nya murah atau rendah,tingkat permntaan barang atau jasa tersebut akan tinggi atau terjual. sebaliknya tingkat permintaan barang atau jasa akan turun jika harga nya mahal atau tinggi.
  b. Pendapatan
      Merupakan gambaran kemampuan seseorang melakukan permintaan barang atau jasa semakin besar pendapatan sesorang,semakin banyak permintaan terhadap suatu barang atau jasa.sebaliknya jumlah permintaan seseorang akan berkurang jika pendapatan nya menurun.
  c. Selera dan mode
      keinginan dan kesediaan sesorang untuk menggunakan barang atau jasa sangat dipengaruhi seleranya dan mode yang sedang berlaku. semakin terkini mode yang diikuti suatu barang, maka semakin tinggi pula permitaan terhadap barang tersebut.
  d. Kualitas Barang yang bersangkutan
      Jika kualitas  suatu barang atau jasa,maka permintaan masyarakat untuk memiliki barang tersebut atau menggunakan jasa tersebut cenderung tinggi dan begitu sebaliknya.
  e. Harga barang lain yang berkaitan
     barang barang yang berkaitan ini meliputi barang pelengkap dan barang pengganti. barang pelengkap adalah barang yang nilai gunanya dapat melengkapi nilai guna barang lain. adapun barang pengganti adalah barang yang nilai gunanya dapat menggantikan nilai guna barang lain.
  f. Ramalan masa datang
     tingkat harga cenderung akan turun, maka permintaan terhadapbarang dan jasa pun akan menurun.kondisi ini terjadi akibat dari tindakan masyarakat yang menahan keinginan untuk membelinya,menunggu harga barang dan jasa turun sampai pada tingkat harga paling murah.
3. Hukum Permintaan
  " Semakin tinggi harga suatu barang atau jasa,akan  semakin kecil jumlah permintaan terhadap barang atau jasa itu sendiri. sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang atau jasa maka akan semakin banyak jumlah barang atau jasa yang di minta"
4. Tabel dan Kurva Permintaan
   a. Tabel Permintaan
       Adalah daftar angka yang menggambarkan hubungan jumlah permintaan suatu barang atu jasa           dengan harganya.
   b. Kurva Permintaan
      Adalah garis ysng menunjukan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah yang diminta dalam periode tertentu.

B. Penawaran
 1. Pengertian
      Adalah sejumlah barang yang akan dijual pada tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.
 2. Faktor Faktor yang mempengaruhi
    a. Harga barang itu sendiri
    b. Biaya Produksi
    c. Tujuan Perusahaan
    d. Teknologi Produksi
    e. Ekspedisi Produsen
    f. Kebijakan Pemerintah
 3. Hukum Permintaan
    " Semakin rendah harga suatu barang atau jasa akan semakin sedikit jumlah barang dan jasa tersebut ditawarkan dan sebaliknya  semaki tinggi harga suatu barang atau jasa akn semakin besar jumlah barang atau jasa tersebut di tawarkan".
4. Tabel Penawaran
    a. Tabel Penawaran
        Adalah daftar angka angka yang menunjukan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang                ditawarkn dengan harga nya.
    b. Kurva Penawaran
       Adalah garis yang menunjukan hubungan antara harga suatu barang atau jasa dengan jumlah   
       yang ditawarkan dalam bentuk tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Regulasi Sarana Dan Prasarana Kantor

Alat dan Bahan Kearsipan

Administrasi Kepegawaian